Film Terbaik? Saya Rasa 13 Angry Men

Aku pernah menonton film, tapi tidak sebegitu antusias film 12 Angry Men. Sebelumnya aku akan mengutip sedikit informasi dari Wikipedia tentang film ini, yang menyebutkan bahwa film ini adalah film drama Amerika Serikat tahun 1957 yang diadaptasi dari seri televisi “Teleplay” dengan nama yang sama, karya Reginald Rose. Ditulis dan diproduksi ulang oleh Rose sendiri dan disutradarai oleh Sidney Lumet.

Dalam film ini menceritakan sebuah persidangan seorang anak yang diduga membunuh ayahnya. Namun, fokus film ini terletak pada 12 orang yang menjadi juri kunci atas putusan salah atau tidak bersalah si anak di dalam suatu ruangan. Aku tidak pernah melihat film sebelumnya dengan setting hanya satu tempat. Ini benar-benar luar biasa! Dialektika 12 orang ini benar-benar membuatku betah menonton sampai habis. Bahkan aku beberapa kali mengulang sesinya hanya untuk benar-benar memahami isi pembicaraan 12 orang ini.

Dari awal aku mulai memetakan film ini. Kepribadian tentang 12 orang ini bermacam-macam. Tapi ada beberapa tokoh diakhir cerita yang membuatku memahami bagaimana dia bisa bersikap seperti itu dalam sebuah keputusan (psikoanalisis).  

Konflik? sudah pasti. Tapi membuatnya seperti film dengan setting sederhana seperti ini itu yang aku bilang luar biasa. Aku bukan ahli dalam ilmu perfilman. Mungkin kalian bisa coba menonton film ini dan berkomentar lebih banyak. Oya, film ini adalah film hitam-putih alias tanpa warna. 

Dari ranker:
Juror #8: It's always difficult to keep personal prejudice out of a thing like this. And wherever you run into it, prejudice always obscures the truth. I don't really know what the truth is. I don't suppose anybody will ever really know. Nine of us now seem to feel that the defendant is innocent, but we're just gambling on probabilities - we may be wrong. We may be trying to let a guilty man go free.

Komentar

Postingan Populer